ILMU SEJARAH

KETUA PRODI

 

SEKRETARIS PRODI

KURIKULUM ILMU SEJARAH

Visi

Menjadikan program studi ilmu sejarah sebagai salah satu program studi yang unggul dan berorientasi pada budaya melayu untuk melahirkan lulusan yang cerdas, berintelektual, berakhlak mulia, dan kompetitif pada tahun 2025

Misi

 

Untuk tercapainya visi Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jambi, maka misi yang diemban oleh program ini adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan sumberdaya manusia yang handal di bidang ilmu sejarah berbasis budaya melayu untuk berkompetisi secara global.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ilmu sejarah berbasis budaya melayu melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Mengembangkan dan menyediakan jasa layanan profesi ilmu sejarah berbasis budaya melayu kepada masyarakat.

Tujuan

Sejalan dengan Misi yang diemban dalam rangka pencapaian Visi, penyelenggaraan Program Studi Ilmu Sejarah bertujuan sebagai berikut:

1. Menghasilkan lulusan yang terampil dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ilmu sejarah berbasis budaya melayu

2. Menghasilkan lulusan yang cerdas, berintelektual, berakhlak mulia, kompetitif dan memiliki semangat kewirausahaan.

3. Meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap Ilmu Sejarah dan untuk mendukung revitalisasi sektor Ilmu Budaya.

4. Mengembangkan program pendidikan, penelitian dan pelayanan atau pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pengenalan ilmu sejarah di mata publik.

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

No Sasaran Strategi pencapaian
1. Menghasilkan calon sarjana Ilmu Sejarah yang berkualitas untuk memenuhi kompetensi keilmuan di bidang Ilmu Sejarah yang berkepribadian, profesional, cerdas dan kompetitif. – Meningkatkan mutu masukan calon mahasiswa serta mutu proses belajar mengajar untuk menciptakan atmosfir akademik yang optimal.

– Menghasilkan SAP berrdasarkan Centered Learning.

– Materi perkuliahan yang digunakan untuk bahan diskusi dikembangkan dari literatur berbahasa inggris dan penelusuran materi menggunakan jaringan internet yang disediakan oleh lembaga universitas dan fakultas.

– Membentuk kelompok-kelompok diskusi kecil agar terciptanya susasana akademis yang kritis.

2. Program studi mewujudkan lulusan tepat waktu (= 4 tahun). – Melaksanakan sistem monitor dan evaluasi untuk perkembangan studi mahasiswa, rentang waktu penyelesaian skripsi,kedisiplinan dosen dan kecukupan sarana penunjang.

– Menyediakan ruangan konsultasi mahasiswa dengan dosen berdasarkan jenis penelitian yang diminati mahasiswa

– Meningkatkan jumlah keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen.

3. Rerata masa tunggu kerja lulusan program studi. – Meningkatkan kerjasama antara program studi dengan stakeholder melalui kegiatan magang (dilaksanakan setelah mahasiswa lulus) dan pengabdian masyarakat yang melibatkan mahasiswa

– Peningkatan kompetensi Sarjana Ilmu Sejarah melalui pelatihan softskill maupun kompetensi keahlian dengan mengundang tenaga ahli dibidangnya

– Melakukan tracer alumni secara berkala dan berkelanjutan melalui jejaring sosial dan WEB dalam tautan http://www.fib.unja.ac.id

– Melaksanakan lokakarya revisi kurikulum sesuai kebutuhan stakeholder

Peningkatkan kompetensi sarjana Ilmu Sejarah melalui mata kuliah pilihan dan keahlian

4. Terlaksananya Tridharma Perguruan Tinggi secara profesional dan beretika dengan memberdayakan segenap potensi yang ada pada Program Studi untuk meningkatkan kualitas pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan kebutuhan pengetahuan dan keterampilan pada perusahaan/Instansi pemerintah Dibidang pendidikan dan pengajaran

– Pengayaan materi kuliah melalui pembentukan kelompok dosen dan kajian materi kuliah.

– Pengembangan SAP dengan mempertimbangkan masukan stakeholder

– Memonitor pelaksanaan kuliah melalui pendistribusian buku monitoring

– Menyediakan sarana dan prasarana perkuliah berupa pemasangan jaringan internet

– Mengusulkan penerimaan dosen baru berdasarkan kebutuhan

– Melaksanakan magang dosen muda

– Merekonstruksi SAP yang sudah ada sesuai kebutuhan terkini

 

Dibidang penelitian

– Dosen melibatkan mahasiswa dalam mengerjakan suatu bentuk penelitian

– Menjalin kerjasama penelitian dengan Dinas Provinsi atau lembaga diluar lingkungan dari Riset

– Menjalin kerjasama penelitian dengan universitas dalam negeri (dan luar negeri

– Manajemen pelaksanaan magang mahasiswa berbasis penelitian Ilmu Sejarah

– Melakukan pelatihan metodologi penelitian, usul penelitian dosen, dan hibah bersaing setiap semester

– Melakukan pelatihan penulisan artikel ilmiah setiap semester bagi mahasiswa dan dosen

– Mengembangkan kerjasama publikasi jurnal ilmiah dengan universitas

 

Dibidang pengabdian masyarakat :

– Menfasilitasi dosen dalam penyediaan dana pelaksanaan pengabdian pada masyarakat

 

5. Tersedia wadah pengembangan disiplin Ilmu Sejarah yang kondusif untuk staf pengajar dan mahasiswa sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan dan pemberdayaan masyarakat – Memotivasi dosen untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang S-3

– Mengoptimalkan penelitian bagi para dosen agar lebih produktif lagi melakukan penelitian sejarah

6. Tercipta suasana kehidupan kampus yang etis dan demokratis sehingga menunjang terciptanya kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, serta otonomi keilmuan yang kondusif untuk melahirkan pemikiran kreatif-konstruktif-inovatif yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu, seni, dan teknologi yang relevan dengan kebutuhan pengetahuan dan keterampilan pada perusahaan/Instansi pemerintah – Membuat peraturan akademik dan tata kehidupan kampus

– Memberikan pertanyaan melalui penyebaran angket mengenai pelaksanaan perkuliahan serta layanan akademik kepada mahasiswa

– Dosen melakukan penilaian yang transfaran dan akuntabel.

DOSEN-DOSEN ILMU SEJARAH

No Nama Dosen Tetap NIDN** Tgl. Lahir Jabatan Akademik Gelar Akademik Pendidikan S1, S2, S3 dan Asal Universitas Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1 Budi Purnomo 0008036106 08-03-1961 Lektor Kepala*** Drs.,

M.Hum.,

M.Pd

S1 (UNS Surakarta)

S2 (UI)

S2 (UNJA)

Didaktik Kurikulum

Ilmu Sejarah

Teknologi Pendidikan

2 Apdelmi 1017088503 17-08-1985 Tenaga Pengajar S.Pd.,

M.Pd

S1 (UNP)

S2 (UNS Surakarta)

Pendidikan Sejarah

Pendidikan Sejarah

3 Supian 0017107307 17-10-1973 Lektor *** Dr., S.Ag., M.Ag S1 (IAIN STS JBI)

S2 (IAIN SH JKT)

S3 (UIN SH JKT)

Dakwah

Sejarah Pemikiran Islam

Pemikiran Islam

4 Khairinal

 

0016045403 16-04-1954 Guru Besar*** Drs.M.Si.Dr.Prof S1 (IKIP JAKARTA)

S2 (UNIBRAW MALANG)

S3 (UNIV. PADJADJARAN)

Pendidikan Dunia Usaha

Manajemen Sumber Daya Manusia

Ilmu Ekonomi

5 Siti Syuhada

 

0009018101 09-01-1981 Lektor*** S.Pd.M.E S1 (UNJA)

 

S2 (UNJA)

Pendidikan Ekonomi

Ilmu Ekonomi

6 Selfi Mahat Putri 0029048702 29-04-1987 Tenaga Pengajar SS., MA S1 (UGM)

S2 (UGM)

Ilmu Sejarah

Ilmu Sejarah

7 Nirwan Il Yasin 0015018701 15-01-1987 Tenaga Pengajar S.Pd., M.Hum S1

(UNBARI)

S2 (UNAND)

Pendidikan Sejarah

Ilmu Sejarah

8 Reka Seprina 0016098701 19-09-1987 Tenaga Pengajar S.Pd., M.Pd S1 (UNP)

S2 (UNS)

Pendidikan Sejarah

Pendidikan Sejarah

9 Denny Defrianti 0014068202 14-06-1982 Tenaga Pengajar S.Sos., M.Pd. S1 (UNAND),

S2 (UNP)

Sosiologi

Antropologi/Sosiologi

10 Fatonah 0003097805 03-09-1978 Tenaga Pengajar SS.,M.Ikom S1 (UNPAD)

S2 (UNPAD)

Sastra Jepang

Ilmu Komunikasi

11 Benny Agusti Putra   25-08-1990 Tenaga Pengajar S.Hum, MA S1 (IAIN PDG)

S2 (IAIN PDG)

SKI

 

SPI

12 Amir Syarifuddin   26-08-1987 Tenaga Pengajar S.Pd., M.Pd S1 (UNBARI)

S2 (UNP)

Pendidikan Sejarah

Pendidikan Sejarah